Selasa, 10 November 2009

corel draw











Dalam desain vektor terdapat beberapa software aplikasi yang sudah terkenal dan banyak digunakan karena sudah begitu familiar antara lain adalah Adobe Ilustrator dan Corel DRAW.

CorelDraw merupakan salah satu software desain grafis yang sangat terkenal. Berbagai fasilitas untuk mendesain tersedia di sini sehingga memudahkan para penggunanya untuk memanfaatkannya. CorelDraw dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari membuat brosur, membuat pamphlet, surat undangan, majalah, brosur dan cover buku yang menarik.





Berikut ini bagian-bagian utama dari area kerja pada Corel DRAW:



Title Bar
Menampilkan nama file yang sedang dikerjakan. Tiga buah icon yang ada diujung sebelah kanan masing-masing berguna untuk meminimumkan tampilan Corel DRAW! sehingga hanya terlihat pada taskbar Window, memaksimalkan tampilan hingga memenuhi seluruh bagian layar pada monitor, serta untuk menutup atau keluar dari Corel DRAW!.



Menu Bar
Berada dibawah Title Bar, berisikan nama-nama menu meliputi: File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmap, Text, Tools, Window, Help. Menu tersebut berisi daftar perintah yang bisa digunakan pada Corel DRAW!, Untuk menampilkan daftar perintah tersebut dilakukan dengan mengklik salah satu menu yang ada.



Rulers
Rulers atau Pengaris digunakan untuk menentukan posisi serta ukuran dari suatu obyek. Untuk menyembunyikan Penggaris suapaya tidak kelihatan pada area kerja dilakukan dengan klik menu View, Rulers kemudian hilangkan tanda ceknya (Ö). Bentuk Penggaris dan cara kerjanya akan berubah ketika sedang melakukan editing teks pada Corel DRAW! dengan menggunakan Paragraph Text Tool. Pada saat tersebut kita dapat melakukan editing teks seperti pada program MS Word.



Drawing Window/ Workspace
Merupakan daerah yang digunakan untuk menggambar dan berkreasi dengan obyek. Kotak persegi yang terdapat pada Drawing Bar melambangkan area yang akan muat ke dalam halaman yang akan dicetak.



Scrool Bar
Untuk melihat bagian-bagian dari area kerja yang tidak muat ke dalam layar monitor sehingga tidak terlihat dapat dilakukan dengan menggeser tombol pada horinzontal/ vertical scroll bar. Tombol ini berguna sekali pada saat melakukan pembesaran tampilan (zooming).



Page Counter
Dalam Corel DRAW!, kita dapat membuat desain yang terdiri dari banyak halaman dalam satu file. Untuk membuat halaman baru, klik pada icon + di page counter. Sementara untuk berpindah antarhalaman dilakukan dengan melakukan klik pada nomor halaman yang bersangkutan atau dengan melakukan klik pada panah sebelah kiri atau sebelah kanan.



Color Palette
Bagian ini digunakan untuk memberi dan memilih warna garis luar (Outline) dan warna isian (Fill) pada suatu obyek. Untuk memberi warna pada isian, klik kiri mouse pada warna yang dipilih di Color Palette. Sedangkan untuk memberi warna pada garis luar, klik mouse sebelah kanan pada warna yang dipilih di Color Palette. Simbol X di ujung Color Palette digunakan untuk menghapus warna isian jika menggunakan klik kiri dan menghapus warna garis luar jika menggunakan klik kanan.



Status Bar
Menampilkan informasi tentang obyek yang sedang dipilih atau pekerjaan yang sedang dilakukan.



Tool Bar
Tool Bar digunakan untuk melakukan perintah secara lebih cepat ke fungsi-fungsi pada Corel DRAW!. Semua fungsi yang terdapat pada Tool bar juga terdapat pada Menu bar. Kita dapat memilih menu apa saja yang hendak ditampilkan pada Tool Bar. Klik kanan pada area Tool Bar untuk melihat menu apa saja yang ditampilkan. Untuk memilih menu yang hendak ditampilkan beri tanda cek (Ö).



Tool Box
Berisi perintah-perintah pada Corel DRAW! yang diperlukan dalam menggambar atau membuat desain. Letak tool box dapat dipindahkan sesuai dengan selera kita dengan cara mengklik dan menggesernya ke tempat yang kita inginkan. Beberapa icon pada tool box memiliki simbol segitiga kecil di pojok kanan bawah yang menandakan ada beberapa icon lagi di dalamnya yang disebut flyout. Untuk memunculkan icon tersebut klik pada flyout kemudian pilih icon tool box yang akan dimunculkan atau digunakan.











Pulldown menu (Menu Bar)

Pulldown menu merupakan menu yang jika di-klik akan memunculkan sederetan menu-menu di bawahnya(pull = tarik, down = turun; jika menu tersebut ditarik (di-klik) sederetan menu akan turun).

Pulldown menu dalam Corel Draw terdiri atas menu file, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Tool, Window, dan Help.
Huruf yang bergaris bawah pada tiap menu menyatakan cara akses cepat menu itu melalui tombol keyboard (istilahnya:short key). Contohnya, pulldown menu File, dengan huruf F digarisbawahi, dapat diakses langsung dengan menekan
tombol Alt dan F secara bersamaan. Begitu pula pulldown menu Edit dengan garis bawah pada huruf E dapat diakses langsung dengan menekan tombol Alt dan E secara bersamaan. Dalam hal ini tidak dibedakan antara huruf capital dan
huruf non-kapital.

Pull down diantaranya :


1) File



Beberapa menu penting pada pulldown menu ini yang
sering digunakan adalah New, New FromTemplate, Open, Close, Save, Import, Export, Export For Office, Print, Print Preview, Publish to the Web, Publish to PDF, dan Exit.
Jika pulldown menu dapat diakses langsung menggunakan
tombol Alt dan huruf yang bergaris bawah, deretan menu dibawah pulldown menu ini dapat diakses langsung dengan menekan Ctrl dan huruf yang digarisbawahi.
Contohnya, menu Open dapat diakses langsung dengan menekan tombol Ctrl dan O, sedangkan menu Save dapat diakses dengan menekan tombol Ctrl dan S secara bersamaan.

Berikut ini penjelasan fungsi menu-menu tersebut.
New Untuk membuka/membuat file/gambar baru.
New FromTemplate Untuk membuat gambar baru dengan setting seperti pola yang sudah ditentukan.
Open Untuk membuka file gambar yang sudah ada (pernah dibuat).
Close Untuk menutup dokumen yangs edang aktif.
Save Untuk menyimpan dokumen dalam format standar (*.cdr).
Import Untuk mengimport file dari aplikasi lain.
Export, Untuk menyimpan dokumen dengan format lain (selain *.cdr).
Export For Office Menyimpan dokumen untuk digunakan dalam aplikasi Office (word processor, spreadsheet, ataupun presentation).
Send To Untuk meng-copy dokumen ke direktori tertentu, memampatkannya (kompres) dalam format *.zip, ataupun membukanya menggunakan aplikasi lain.
Print Untuk mencetak dokumen.
Print Preview Untuk melihat tampilan hasil cetakan nantinya. Publish to the Web Untuk mem-publish dokumen sebagai file web.
Publish to PDF Untuk mem-publish dokumen sebagai file pdf (portable data format).
Exit Untuk menutup aplikasi CorelDraw.


2) Edit

Pulldown menu Edit terdiri atas sekumpulan menu editing seperti Copy, Cut,
Paste, Find and Replace, dan Insert Barcode. Menu-menu editing CorelDraw ini tidak berbeda jauh denga aplikasi lain.
Namun ada menu yang spesifik yaitu Insert Barcode. CorelDraw memiliki fsilitas pemberian kode berupa batang-batang yang dikenal dengan istilah barcode. Jika Anda berbelanja di supermarket atau pasar swalayan, akan banyak dijumpai
produk-produk yang disertai barcode pada kemasannya. Barcode tersebut digunakan untuk keperluan pendataan (database) barang. Setiap kemasan barang memiliki kode barcode tertentu. Kode itu dimasukkan dalam database
computer di swalayan atau supermarket itu sehingga dengan mendekatkan kemasan barang itu pada barcodescanner di meja kasir, harga dan nama barang tersebut akan otomatis terdeteksi, masuk ke data computer dan akan muncul pada Print out nota belanja pembeli

3) View

Menu ini menyediakan fasilitas menampilkan dan menyembunyikan beberapa
tampilan menu pada lembar kerja. Coba Anda klik salah satu menu di bawah pulldown menu View (misal pilihan:Rulers) dan lihatlah fungsi menu tersebut. Klik pula pilihan Full-Screen Preview untuk melihat tampilan full screen
dokumen Anda.

4) Layout

Menu ini berisi menu-menu pengaturan layout halaman. Ukuran, warna background, jumlah halaman, dan orientasi (tegak atau melebar) dapat diatur menggunakan menu-menu di bawah pulldown menu Layout ini.




5) Arrange

Menu Arrange digunakan untuk menyusun/mengatur objek, memutar, menggeser, memiringkan, dan mengubah ukurannya (dikenal dengan istilah: transformation), dan menggabungkan beberapa objek (grouping).

CorelDraw mengenal system layer (lapisan) sehingga objek yang berada di lapisan bawah (yang dibuat lebih dulu) akan tertutupi oleh objek yang berada di lapisan atasnya (dibuat belakangan). Menu Arrange ini dapat memindahkan layer
objek yang terseleksi ke layer terntentu yang diinginkan.

6) Effects

Menu Effects terdiri atas menu pengaturan efekefek grafis pada objek vector seperti: efek pewarnaan, kontur, dan efek 3 dimensi (perspektif).

7) Bitmaps Menu

Bitmaps mengatur efek-efek warna dan tekstur objek bitmap. Dalam hal ini, selain memprose objek vector, CorelDraw juga mampu meng-handle objek berupa bitmap dengan memberinya efek-efek yang cukup lengkap. Namun, dalam penggunaan program aplikasi CorelDraw ini, kita akan menekankan pada fungsinya sebagai pengolah grafis vector, bukan pengolah grafis bitmap. Sebagai wakil dari pengolah grafis bitmap akan dipelajari Adobe Photoshop yang
merupakan software favorit pada desainer grafis.

8) Text

Menu-menu Text mengatur tampilan dan format teks (tulisan).Tools Menu Tools digunakan untuk megatur berbagai tampilan menu dan opsi-opsi yang berhubungan dengan pengaturan objek dan setting dokumen. Isi dari

10) Window Menu Window ini digunakan terutama jika kita
membuka lebih dari satu dokumen sekaligus. Beberapa menu di bawah pulldown menu Window berfungsi mengatur tampilan dokumen-dokumen itu, apakah bertingkat (Caccade), berjajar atas bawah ( Tile Horizontally), atau
bersebelahan (Tile Vertically). Pulldown menu Window juga dapat digunakan utnuk menampilkan atau menyembunyikan menu-menu seperti toolbox, property tollbar, standar toolbar, ataupun pulldown menu. Jika Anda hanya ingin
menyembunyikan toolbox, property toolbar ataupun pulldown menu, Anda masih bias mengakses pulldown menu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar